?? TANYA JAWAB ??

Sobat senyum yang setia menanti hadirnya senyum, sekarang kita udah comeback nih. Untuk rubrik tanya jawab kali ini, semua pertanyaan yang masuk dijawab langsung dijawab oleh Kak Said Ridho… Ayo, kita simak!

Assalamualaikum wr.wb.
1. Saya sekarang sedang butuh motivasi menghadapi beban kelas 3. Saat ini, saya belajar masih gak serius. Dan pelajaran masih banyak yang gak ngerti. Minta solusinya dong.
2. Bagaimana hukumnya sholat tanpa niat?
Wa’alaikumsalam wr.wb.
1. Memang saat ini kelas 3 harusnya dimotivasi kembali untuk ujian Nasional yang bakal diadain tahun depan. Ilustrasinya begini, setelah SMA, ada yang langsung mencari kerja dan ada yang kepengen melanjutkan ke perguruan tinggi. Yang pertama mungkin agak sulit. Apalagi saat ini pekerjaan yang membutuhkan lulusan SMA itu nda begitu banyak dan juga nda menghasilkan uang yang banyak. Padahal sebenarnya nda juga sih. Dengan kerja keras yang sungguh-sungguh(okeh deh...) bisa aja mereka jadi pedagang bakso yang sukses misalnya. Dagangannya laris sampai ke luar kota(Aamiin...). Apakah dia mendapatkan hasilnya hanya dengan duduk-duduk saja? Tentu aja TIDAK. Banyak juga yang harus dilakukan pedagang kayak gitu. Mulai dari cari modal, mengolah resep yang enak dan didukung kerja keras ampe kemauan yang sungguh-sungguh. Dan hasilnya?Si pedagang tadi mendapatkan hasil berupa keuntungan dari kerja keras yang dilakukannya. Tapi apakah semudah itu?
Nah, sekarang gimana dengan yang melanjutkan kuliah? Tentu kita udah pada dijejali dengan wangsit dari guru-guru kita-yang notabene tidak perlu ditambahkan penulis lagi khan?(Bukan dukun loh!!!). Mungkin kita nganggep belum saatnya untuk mulai belajar karena ujian Nasional masih satu tahun lagi. Buang jauh-jauh duku deh pikiran itu! Apakah klub yang tidak berhasil dalam pertandingan bola itu gara-gara mereka tidak punya bakat?BUKAN. Tapi mungkin karena frekuensi latihan mereka yang kurang rutin dsb. Jadi, mulailah dari sekarang. Jangan takut untuk nanya pelajaran yang belum ngerti di dalam kelas. (Asal jangan berlebihan,,,tau kondisinya)Atau bikin kelompok belajar yang rutin dengan teman-teman kita. Hitung-hitung hemat biaya bimbel, kan?(Hehehehe...)
2. Tentu saja tidak sah, karena itu merupakan salah satu rukun shalat, akan tetapi untuk masalah dilafadzkan atau tidak dalam Islam itu adalah permasalahan yang digolongkan dengan masalah khilafiyah. Maksudnya, hal yang timbul karena perbedaan mazhab atau perbedaan pemahaman. Nah, contohnya waktu pelaksaan sholat fardhu. Ada yang mengeraskan bacaan basmalah dan ada pula yang tidak. Sebenarnya yang seperti iu adalah hal yang harus dihindari untuk diperdebatkan. Karena masing-masing punya mazhab sendiri dan dasar pemahaman tersendiri. Jadi sudah sepantasnya kita tasamuh (toleransi) terhadap mereka yang menjalankan syariat yang seperti itu. Okeh!!??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar