LIPUTAN

Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokatuh...
Heiii, sobat senyum… Apa kabarnya nih?? Baik-baik aja kan? Senyum berharap kalian semua pada baik-baik bin sehat walafiat... Tetep semangat dong!?)
Kali ini Senyum meliput tentang OSN yang kepanjangannya Olimpiade Sains Nasional yang diadakan di Jakarta, 3-9 Agustus 2009. Walaupun temen-temen mungkin ada yang anti mendenger kata OLIM, tapi kali liputannya langsung lho, so pastinya LIVE nih...
OSN kali ini diikuti 1447 peserta yang terdiri dari 198 siswa SD, 297 siswa SMP dan 886 siswa SMA. Khusus buat SMA nih, ada Olim Matik, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Komputer, dan Ekonomi.
Untuk OSN kali ini, buat tingkat SMA, Kaltim mengirimkan 18 orang untuk 8 cabang OLIM. Sementara dari Balikpapan ada 6 orang yang terdiri dari 5 orang siswa SMANSA Bpp dan 1 orang siswa SMADA Bpp. Jadi untuk wakil Kaltim, Balikpapan lho.. yang paling banyak mengirimkan siswanya. Jadi, otomatis SMANSA Balikpapan lah yang paling banyak mengirimkan wakil-wakilnya.
Oke nggak tuh?? Untuk wakil lainnya, dari Berau 5 orang, Bontang 2 orang, Tenggarong 2 orang, Penajam 1 orang, Samarinda 1 orang sama Paser 1 orang. Jadi, untuk tahun ini nggak didominasi sama Samarinda seperti tahun-tahun sebelumnya.



Peserta OSN SMA wakil Kaltim

Sebelum dikirim ke Jakarta dari tanggal 30 Juli-3 Agustus, wakil-wakil Kaltim untuk OSN dikarantina di Samarinda dulu, nginepnya di Hotel Grand Sawit dan bimbingannya di UNMUL dari jam 08.00-16.00 untuk pembinaan lebih lanjut. Pada masa karantina ini, anak-anak OLIM wakil Kaltim pada saling berbaur dan merasakan keakraban satu sama lain tuh,, kan sama-sama wakil Kaltim.
Setelah dikarantina, tanggal 3 Agustusnya peserta OSN berangkat ke Jakarta untuk menghadiri acara pembukaan di Hotel Bidakara Jakarta. Pada OSN di Jakarta ini berkumpul kontingen-kontingen dari 33 provinsi lainnya di Indonesia. Jadi mereka akan mempunyai banyak kenalan dari Sabang-Merauke tuh.



Acara pembukaan yang dibuka Bapak Menteri Pendidikan, Bambang Sudibyo di Hotel Bidakara.
Lombanya pun di tempat yang berbeda. Seperti di SMAN 70 Jakarta, UI, STEKPI dan di SMAN 1 Jakarta. Lomba diadakan pada tanggal 5-6 Agustus, namun untuk Olim Ekonomi, lombanya dipercepat jadi tanggal 4 Agustus.
Ada banyak cerita nih sobat selama perlombaan OSN, Senyum ceritain yah.. Ada peserta Olim kimia yang pingsan gara-gara mencium amoniak.
Waktu praktik kimia, ada yang mecahin gelas praktek juga lho.. Sementara waktu simulasi pasar modal buat Ekonomi yang dibagi perkelompok, ada kelompok yang salah denger waktu pengumuman pemenang, jadi udah loncat-loncat kesenangan. Eh, taunya salah denger.

Ada yang kecebur di sungai waktu praktik kebumian, ada yang dapet nilai 100, bahkan 0 di lomba matematika hari pertama.

1 soal Fisika yang mematikan yang dibuat mantan anak TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia) dibuat karena dia

terinspirasi pas lagi BAB di toilet, lalu menarik tisu yang berputar terus dijadikan soal OSN Fisika kali ini, dan soalnya mak nyuss deh, dll yang gak bisa disebutin semua.

Setelah berpusing-pusing ria mengerjakan soal-soal dan berlatih terus, mereka juga menyediakan acara rekreatif edukatif ke TMII dilanjutkan dengan acara jamuan makan malam di Taman Bunga.

Setelah itu pada tanggal 8 Agustus, acara penutupan diselenggarakan di Hall C2 Jl EXPO Kemayoran, sekaligus pengumuman para peraih medali. Disediakan 30 medali, 5 emas, 10 perak dan 15 perunggu untuk setiap bidang. Hasil akhirnya, juara umum Jakarta diikuti oleh Jateng, DIY, Jatim lalu Medan. Untuk OSN 2009 ini, Kaltim SMA dan SMP tidak mendapatkan satu medali pun, hanya Kaltim SD yang mendapatkan 2 medali perunggu untuk matematika dan IPA.

Walaupun nggak dapat medali, semoga tahun-tahun ke depan kita semakin baik dan dapat berprestasi lebih. Amiin yaa robbal ‘alamiin.

Selain itu sobat, Senyum juga punya liputan tentang acara temu kangen alumni ’88-’93 yang bertema back to school yang diadakan pada tanggal 15 Agustus 2009.

Acaranya seru banget lho… Mulai dari motivasi yang bikin kita semangat, bazaar, tanding basket sama alumni, futsal dan yang terakhir juga ada lomba estafet loh. Pokoknya heboh abis deh. Nggak lupa juga anak band ikut memeriahkan acara. Ada juga lho foto-foto jadul yang dipajang kayak jemuran.

acara ini juga berkat ada kerja sama antara kordinator alumni sama OSIS Smansa. Alumni yang datang cukup banyak lho. Apalagi angkatan tahun 89, 90, 91. Nah bagi teman-teman yang nggak datang nih kita kasih liat foto-fotonya ya…




Tidak ada komentar:

Posting Komentar