TIPS

TIPS PUASA OKE ALA SENYUM:

Buat sobat senyum yang ingin puasanya lancar dan nyaman, Senyum punya tips-tips jitu nih, yang InsyaAllah ampuh. Yuk, kita liat....!

NIAT PUASA
Kita mesti niat banget nih kalo mau puasa, jangan setengah-setengah loh! Soalnya, menurut penelitian (ceilee...), kadar HCl dalam lambung orang yang puasa lebih rendah daripada yang nggak niat. Karena niat (motivasi) yang kuat dapat menyebabkan penekanan pusat rasa lapar di otak, sehingga kita kuat untuk puasa seharian.

TETAP MAKAN SAHUR
Pokok’e jangan sampe nggak makan sahur deh.... Soalnya ini yang akan menjadi bekal kita untuk melakukan aktivitas di siang hari. Untuk lebih lanjut tentang sahur, baca rubrik ‘Did You Know’ aja ya!!

HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG BANYAK MENGANDUNG GULA SAAT SAHUR
Jika dalam darah terlalu banyak gula, maka tubuh akan memproduksi insulin untuk menetralkannya. Jadinya, cepet lapar deh... Untuk itu, pada waktu sahur sebaiknya kita makan makanan yang banyak mengandung protein tinggi. Karena protein lambat diolah oleh tubuh, jadinya kita nggak bakal cepet laper. Gitu frenz...

SEGERA BERBUKA PUASA PADA WAKTUNYA
Kalau sahur lambat-lambatin, kalau buka cepet-cepetin (tapi jangan kecepetan juga!!). Kalau bisa juga, buka puasa dengan makanan yang manis seperti kurma, karena makanan yang manis mudah dicerna usus dan cepet jadi energi. Tapi jangan berlebihan ya!
Lihat nih, hadist di bawah ini:

۞......Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.(QS 7:31)۞

BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN
Olahraga yang baik dibulan Ramadhan adalah 1-2 jam sebelum berbuka dan juga jangan olahraga yang terlalu berat (ngangkat gajah misalnya, hehehe...). Tapi biasanya nih, dari kita-kita tuh malah suka olahraga ramai-ramai setelah solat subuh. Padahal, yang begituan itu yang bikin tubuh cepat lelah selama puasa.

MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SELAMA BERPUASA
Duh... jangan sampe deh sobat senyum pada nggak sikat gigi sehabis sahur. Soalnya, mulut orang yang sedang berpuasa itu cepat asam dan berbau. Tau nggak, kenapa? Karena, produksi air liur akan berkurang akibat aktivitas makan dan minum berhenti total.


Gimana? Gampang kan? Kalau gitu, selamat menunaikan ibadah puasa dengan tips oke ala Senyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar